Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan
1. VIVERE Peduli
VIVERE Group melalui Yayasan Pendidikan VIVERE berinisiatif untuk melakukan aksi sosial melalui program VIVERE PEDULI. Dengan semangat solidaritas bersama untuk melawan Covid-19, Yayasan Pendidikan VIVERE telat membagikan 550 Paket Sembako.
2. VIVERE for Education
Dukungan VIVERE Group di sektor pendidikan di Indonesia merupakan prioritas utama dalam rangka tanggung jawab sosial korporasi dan merupakan salah satu wujud dari tanggung jawab Perseroan sebagai warga korporasi yang baik di Indonesia. Hal ini didasari oleh pemikiran bahwa masih banyak ruang untuk kontribusi langsung di sektor ini mengingat berbagai kendala yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia, salah satunya mahalnya biaya pendidikan di perguruan tinggi.
3. VIVERE for Education Community
Dalam perayaan HUT-nya yang ke-30 di bulan Desember 2014, Perseroan meluncurkan VIVERE for Education Community, suatu komunitas yang akan menyelenggarakan kegiatan pengembangan SDM dalam bentuk seminar, pelatihan dan workshop. Para penerima beasiswa dari program beasiswa VIVERE for Education diharapkan dapat berkontribusi dan menjadi bagian dari VIVERE for Education Community. Dalam jangka panjang, Perseroan merencanakan untuk mendirikan “VIVERE for Education Foundation”, sehingga lebih banyak aktivitas pengembangan sumber daya manusia yang dapat dikerjakan bersama sebagai bagian dari pengabdian VIVERE Group kepada masyarakat, bangsa dan negara.
4. Pemberdayaan Karyawan
Agar dapat berjalan secara efektif, gagasan pengembangan sosial dan kemasyarakatan VIVERE Group, dirancang dengan konsep yang jelas yaitu harus bersifat memberdayakan, terpadu dan berkelanjutan, sehingga efektif dalam mencapai sasaran yang dikehendaki. Salah satu inisiatif itu terwujud dalam program pemberdayaan karyawan yang telah dilaksanakan sejak tahun 1993 Program ini bertujuan untuk membantu memberdayakan pekerja borongan dengan memberikan pelatihan dan pendidikan sesuai dengan standar VIVERE, hingga kini telah mampu berkembang mandiri menjadi mitra VIVERE Group.
5. Program Sosial
Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat, Perseroan juga mengadakan program-program sosial, yang di tahun 2014 terdiri dari kegiatan sebagai berikut:
6. Dana Program Sosial Perseroan
Dana Program Sosial Perseroan Dana yang dialokasikan untuk kegiatan program sosial Perseroan pada tahun 2018 adalah sebesar Rp 45.075.000 (empat puluh lima juta tujuh puluh lima ribu Rupiah).
Lingkungan Hidup
Untuk mewujudkan tanggung jawabnya terhadap lingkungan, Perseroan terus berupaya meningkatkan penerapan langkah- langkah sebagai berikut:
Praktik Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja
1. Praktik Ketenagakerjaan
Perseroan sangat menyadari arti penting sumber daya manusia untuk mencapai visi dan misi, baik saat ini maupun untuk masa-masa mendatang. Berangkat dari pemikiran seperti itu, maka Perseroan memposisikan SDM sebagai aset yang harus dijaga dan diasah kemampuannya agar dapat mendukung pertumbuhan Perseroan ke depan. Hal ini juga untuk mewujudkan tanggung jawab sosial Perseroan terhadap karyawan sebagai salah satu pemangku kepentingan yang memiliki pengaruh langsung terhadap keberlanjutan Perseroan.
Tanggung jawab sosial Perseroan terhadap karyawan antara lain diwujudkan dalam kebijakan berikut:
Perseroan juga memberi fasilitas kepada karyawan dalam berbagai kegiatan yang tentunya berdampak positif pada kesehatan jasmani dan rohani, antara lain olahraga, kegiatan keagamaan, gathering dan kegiatan lain baik rutin ataupun tidak rutin.
2. Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Aspek kesehatan dan keselamatan kerja karyawan merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Perseroan menciptakan suasana lingkungan kerja yang aman dan nyaman untuk mendukung atmosfir positif bagi kesehatan dan keselamatan kerja karyawan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja.
Oleh karena itu, Perseroan telah menerapkan beberapa kebijakan terkait kesehatan dan keselamatan kerja, antara lain sebagai berikut berikut:
Tanggung Jawab Produk dan Jasa
1. Komitmen terhadap Mutu
Sejalan dengan misinya untuk menjadi perusahaan berkelas dunia, VIVERE Group berkomitmen untuk menghasilkan produk dan jasa yang terjamin konsistensi mutunya sesuai dengan spesifi- kasi yang telah ditetapkan. Untuk mewujudkan komitmen ini, Perseroan memperkuat pengawasan untuk menjamin konsistensi mutu produk dan jasa yang dihasilkan di setiap tahapan prosesnya yang telah distandarisasi melalui Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015.
2. Pusat Layanan Pelanggan
Untuk menerapkan nilai-nilai perusahaan khususnya fokus kepada pelanggan, Perseroan memberikan masa garansi pada produk yang dijual dan masa pemeliharan pada jasa yang diberikan. Khususnya untuk pelanggan retail, VIVERE memiliki pusat layanan pelanggan (customer call centre) dengan menghubungi email: customercare@viverecollection.com